Layanan Publik Tersistem Tekan Pungli

SURABAYA-Terjadinya pungutan liar (pungli) di sejumlah pelayanan publik disebabkan proses-proses pengurusan dokumen yang kurang profesional. Tahun ini, Pemprov Jatim menargetkan perbaikan pelayanan publik, khususnya dalam pembuatan kartu tanda penduduk, layanan kesehatan dan pendidikan.

"Layanan publik yang tersistem masih sedikit, kebanyakan sudah memakai komputer tapi masih pararel dan manual. Dengan memakai sistem elektronik seharusnya proses lebih cepat karena pengurusan dokumen tak lagi membawa berkas tapi data," papar Gubernur Jatim Soekarwo, Senin.


Menurut Soekarwo, perbaikan sistem layanan publik secara tersistem memerlukan biaya besar dan pendidikan serta latihan teknis bagi pegawai. Namun demikian, upaya ini harus dilakukan agar pelayanan publik semakin baik dan mempersempit peluang terjadinya pungli.
Share this article :
Share |
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. LINTAS NUSANTARA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger